Fungsi
Pengorganisasian
Pengorganisasian
adalah langkah untuk menetapkan, menggolong-golongkan dan mengatur berbagai
macam kegiatan, menetapkan tugas-tugas pokok dan wewenang, dan pendegelasian
wewenang oleh pimpinan kepada staf dalam rangka mencapai tujuan organisasi.
Berdasarkan
definisi tersebut, fungsi perorganisasian merupakan alat untuk memadukan (singkronisasi)
dan mengatur semua kegiatan yang ada kaitannya dengan personil, finansial
material dan tata cara untuk mencapai tujuan organisasi yang telah disepakati
bersama. Berdasarkan penjelasan tersebut, organisasi juga dapat dipandang
sebagai wadah kerja sama sekelompok orang-organisasi bersifat statis.
Organisasi juga dapat dikaji dari sisi proses kerja sama. Dalam hal ini
organisasi dilihat dari proses kerja sama staf yang berisi uraian tugas untuk
mencapai tujuan –organisasi bersifat dinamis. Organisasi juga dapat dikaji dari
bagaimana pimpinan menggunakan organisasi untuk mencapai tujuan
organisasi-organisasi sebagai alat pimpinan.
Daftar Pustaka
Muninjaya, Gde A.A,
2004. Manajemen Kesehatan, jakarta :
EGC.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar